Jumat, 12 Juni 2009

Tugas_Termodinamika_Tanggapan

Soal:
1. Apa yang kalian ketahui mengenai termodinamika dalam sistem biologi?
2. Apa yang belum kalian ketahui mengenai termodinamika dalam sistem biologi?
3. Apa yang ingin kalian ketahui mengenai termodinamika dalam sistem biologi?


Jawab:
1. Muzwar Rusadi
1. Termodinamika merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang semacam terobosan-terobosan dalam membantu semua aktivitas manusia. Dan termodinamika dalam sistem biologi berarti merupakan pencapaian dari hasil-hasil yang telah dihasilkan dari ilmu termodinamika dan menerapkannya demi kepentingan yang bersifat biologi. Misalnya saja dengan adanya beberapa teori serta alat yang dapat membantu menjelaskan sistem dalam proses bernapas. Saya juga mendapat beberapa dari mempelajari berbagai siklus sperti siklus carnot dan siklus bryton.
Tanggapan Saya:
Memang termodinamika dalam sistem biologi tidak lain tujuannya untuk membantu aktivitas manusia. Menurut salah satu referensi yang saya baca, termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Saya belum tahu banyak mengenai manfaat dari belajar termodinamika dalam sistem biologis, kemana saya bisa menerapkannya, dan saya belum mengetahui tentang apa sebenarnya termodinamika dalam sistem biologi ini hingga menjadi mata kuliah di Teknik Lingkunagan.
Tanggapan Saya:
Manfaat belajar termodinamika dalam sistem biologi adalah agar kita bisa mengetahui dan menjelaskan bagaimana proses pertukaran energi dalam tubuh makhluk hidup khususnya tubuh manusia. Secara umum termodinamika memang berkaitan dengan lingkunagan sehingga dijadika mata kuliah di Program Studi Teknik Lingkungan, tapi mengapa termodinamika dalam sistem biologi dijadikan bahan ajaran di Teknik Lingkungan itu saya juga tidak mengetahuinya.
3. Saya ingin mengetahui apa yang belum saya ketahui di no 2.
Tanggapan Saya:
Sama dengan tanggapan saya di no 2.

2. Ainal Muttaqin
1. Sepengetahuan saya dalam termodinamika dalam sistem biologi itu meliputi penggunaan energy dan enzim, di mana penggunaan energy dan enzim tersebut berlangsung pada proses respirasi, proses glikolisis, proses transport electron,dll. Yang mana ujung dari proses tersebut menghasilkan energy yang digunakan untuk kita berakivitas sehari – hari. Dalam menghasilkan energi itu meliputi bermacam proses dan beberapa penggunaan macam enzim. Di dalamnya juga terdapat yang disebut anabolisme dan katabolisme.
Tanggapan Saya:
Memang dalam termodinamika biologi meliputi prtukaran energi dan penggunaan enzim. Proses yang terdapat yaitu pada metabolisme, respirasi, dll. Yang tujuannya untuk membantu aktivitas manusia.
2. Yang belum saya ketahui adalah bagaimana jalannya proses termodinamika tersebut dan apakah termodinamika seperti ini dapat diaplikasikan pada sesuatu yang lain (maksudnya makhluk hidup yang lain seperti hewan juga seperti kita).
Tanggapan Saya:
Jalannya termodinamika biologi itu secara berurutan dan berkesinambungan, menjadi satu kesatuan dimana bila satu proses terganggu maka akan menggangu proses berikutnya.
3. Yang ingin saya ketahui adalah apakah termodinamika tersebut dapat berkembang / upgrade dirinya sendiri.
Tanggapan Saya:
Karena ini merupakan sistem biologi maka ibarat kata kinerjanya dapat meningkat sesuai dengan kebutuhannya.

3. M. Erwan Dhany
1. Yang saya ketahui tentang termodinamika dalam sistem biologi hanya sedikit sperti adanya metabolisme dalam termodinamika dan itupun saya tidak begitu mengetahui banyak tentang hal tersebut.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi didalamnya salah satunya memang membahas tentang metabolisme karena termodinamika dalam sistem biologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi.
2. Banyak hal yang saya tidak ketahui mengenai termodinamika dalam sistem biologi, baik itu peranannya atau yang lain, oleh karena itu saya ingin tau lebih banyak lagi.
Tanggapan Saya:
Peranan termodinamika dalam sistem biologi adalah sebagai teori atau uraian yang menjelaskan bagaimana pertukaran energi didalam tubuh sehingga kita mengerti akan bagaimana alur prosesnya.
3. Saya ingin mengetahui lebih banyak mengenai termodinamika dalam sistem biologi dalam penerapannya kehidupan di zaman ini serta hal positif dan negatif dari penerapan tersebut.
Tanggapan Saya:
Kalau termodinamika dalam sistem biologi dari dulu sampai sekarang ya seperti itu tapi kalau penerapannya seperti metabolisme sel, respirasi, dll.



4. Gusti Ali Mustaqim
1. Energi, metabolism, anabolisme, katabolisme, itupun juga tidak mengetahui secara mendetail.
Tanggapan Saya:
Energi adalah kapasitas atau kemampuan untuk malakukan kerja. Didalam metabolisme ada anabolisme dan katabolisme. Menurut referensi Anabolisme adalah proses sintesis molekul kompleks dari senyawa-senyawa kimia yang sederhana secara bertahap. Proses ini membutuhkan energi dari luar. Energi yang digunakan dalam reaksi ini dapat berupa energi cahaya ataupun energi kimia. Energi tersebut, selanjutnya digunakan untuk mengikat senyawa-senyawa sederhana tersebut menjadi senyawa yang lebih kompleks. Sedangkan Katabolisme adalah reaksi kimia yang menghasilkan energi dengan memecah senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana.
2. Jenis, macam, dan sistem kerjanya.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi itu meliputi metabolisme, respirasi, fotosintesis, glikolisis, dll.
3. Pengembangan ilmu termodinamika pada sistem biologi sekarang dengan kehidupan yang amat sangat modern
Tanggapan Saya:
Pengembangan ilmu termodinamika dalam sistem biologi sekarang memang sudah berkembang sehingga kita bisa mengetahui bagaimana detail alur proses yang terjadi dalam metabolisme, itu contohnya.

5. Badri Muhammad Afif
1. Termodinamika membahas tentang metabolisme seperti energi dan enzim. Energi adalah kapsitas untuk melakukan pekerjaan, dan kalau dalam termodinamika pekerjaan ini adalah sebuah reaksi, bagaimana reaksi itu berlangsung dan apa produk yang dihasilkan. Metabolisme ada 2 yaitu anabolisme dan katabolisme, contohnya pada fotosintesis dan respirasi.
Tanggapan Saya:
Memang benar dalam termodinamika dalam sistem biologi itu salah satunya membahas tentang metabolisme yang dalam prosesnya menggunakan enzim dan energi.
2. Seperti yang dikatakan no. 2
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak spesifik dan jelas.
3. dalam hal apa saja yang bisa saya gunakan nantinya sebagai engeniner lingkungan setelah mempelajari termodiamika biologi ini.
Tanggapan Saya:
Penerapannya bila kita sebagai engineer lingkungan adalah misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

6. Akhmad Mulia Ramadhan
1. Bagaimana mengubah energi panas menjadi energi gerak dan disitu terjadi reaksi-reaksinya.
Tanggapan Saya:
Dalam termodinamika dalam sistem biologi bukan mengubah energi panas menjadi energi gerak, melainkan tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi dalam tubuh makhluk hidup, yang mana didalamnya berupa metabolisme yang terdiri dari anabolisme dan katabolisme.
2. Mikroorganisme yang mampu menghasilkan energi dan sebagian siklus-siklus yang penting dan beberapa istilah
Tanggapan Saya:
Mikroorganisme memerlukan energi dan juga dapat mengubah energi yang dia dapatkan menjadi energi yang baru.
Semua siklus yang terjadi pada termodinamika dalam sistem biologi itu penting karena saling terkait.
3. Cara kerja mesin jet
Tanggapan Saya:
Mesin jet cara kerjanya menggunakan aplikasi dari sklus bryton dimana terdiri dari proses kompresi isentropik yang diakhiri dengan proses pelepasan panas pada tekanan konstan. Energi yang didapat dari siklus Brayton adalah dalam bentuk tenaga putar, dan atau tenaga dorong yang dapat digunakan untuk menggerakkan pesawat

7. Siti Faizah Azzahra
1. Sistem ini memiliki hukum ketetapan maksudnya ada siklus-siklus yang telah dialami pada sistem termodinamika dimana ada perihal enzim-enzim atau penggunaan enzim pada suatu mikroorganisme, tentang dalam pewarnaan enzim yang dihasilkan sehingga menghasilkan ATP atau energi ada beberapa siklus ada siklus glikolisis, katabolisme, dan anabolisme dimana di dalam mikroorganisme tersebut memiliki energi tersebut.
Tanggapan Saya:
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Ada beberapa yang belum saya ketahui dalam garis besarnya, karena terlalu banyak siklus dan proses-proses secara biologinya yang terjadi pada saat menghasilkan energy
Tanggapan Saya:
Sepengatuhan saya dalam termodinamika dalam sistem biologi tidak banyak siklus, yang ada adalah siklus krebs yang mana dalam siklus krebs tersebut mendegradasi piruvat menjadi karbon dioksida dan menghasilkan ATP.
3. Apakah didalam termodinamika ini kita dapat menerapkan ilmu termodinamika secara biologi ini bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari dan apa manfaat bagi lingkungan kita?apa dampak positif dan negatifnya?
Tanggapan Saya:
Penerapannya sehari-hari salah satunya adalah dalam metabolisme sel makhluk hidup dan untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

8. Nisa Rintiarni
1. Sistem termodinamika dalam biologi adalah mempelajari tentang energy pada makhluk hidup yang mana energy tersebut terbagi dalam berbagai hal, seperti proses anabolisme dan katabolisme, glikolisis, dsb.
Tanggapan Saya:
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Tentang kegunaannya dalam mempelajari termodinamika dalam system biologi dalam kehidupan sehari-hari atau untuk lingkungan.
Tanggapan Saya:
Penerapannya sehari-hari salah satunya adalah dalam metabolisme sel makhluk hidup dan untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.
3. Saya ingin bisa lebih mengerti lagi tentang pelajaran ini.
Tanggapan Saya:
Perbanyak membaca referensi dan memahami contohnya. Dengan itu kita lebih bisa mengerti.

9. Agustina Kariani
1. Energy kinetic, energy potensial, proses pembentukan energy.
Tanggapan Saya:
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Energi merupakan salah satu faktor utama pada termodinamika dalam sistem biologi. Sedangkan untuk pembentukan energi pada sistem biologi itu melalui metabolisme, repirasi sel, dll.
2. Istilah-istilah
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak spesifik dan jelas.
3. Ingin tahu semuanya, agar tahu penerapannya yang telah kita lakukan selama ini.
Tanggapan Saya:
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi di dalam tubuh bisa dijelaskan. Penerapannya sehari-hari adalah salah satunya dalam metabolisme sel makhluk hidup dan untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

10. Nora Fazria
1. Energy dalam system biologi tidak hanya panas. Entropy adalah derajat ketidakpastian, misalnya: bumi. Energy gravitasi adalah energy yang harus ditambahkan untuk molekul bereaksi dengan yang lain, faktornya: suhu, pH, konsentrasi. Proses pembentukan energy: ATP, fotosintesis. Transfer electron adalah sebuah rangkaian dari membrane yang berikatan.
Tanggapan Saya:
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Energi merupakan salah satu faktor utama pada termodinamika dalam sistem biologi.
2. Kenapa fotosintesis juga menghasilkan ATP?chemiosmosis?
Tanggapan Saya:
Fotosintesis adalah suatu proses biokimia yang dilakukan tumbuhan, alga, dan beberapa jenis bakteri untuk memproduksi energi terpakai (nutrisi) dengan memanfaatkan energi cahaya, proses ini akan menghasilkan ATP dan NADPH (pada reaksi terang) karena ATP adalah zat perantara penukar energi bebas, semua transaksi kimia di dalam sel menggunakan mata uang energi yaitu nukleotidak Adenosin Trifosfat, yang memberi energi untuk setiap kegiatan sel.
3. Energy dalam system biologi selain panas. Seberapa besar pengaruh konsenmasi dalam pembentukan energy.
Tanggapan Saya:
Energi ada 2 potensial dan kinetik.
Kerja enzim dipengaruhi oleh salah satunya konsentrasi, enzim meruapak katalisator suatu reaksi yang terjadi, bila kerja enzim terganggu maka proses reaksi yang menghsailkan energi juga akan terganggu.

11. Ana Krismesy
1. Siklus kreb, glikolisis, pembentukan ATP, respirasi, subtrat, pH, pengaruh suhu, transfer electron.
Tanggapan Saya:
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, glikolisis, dll.
2. Penjelasn tentang tekanan yang digunakan dalam termodinamika biologi, subtract(komplit). Pembentukan ATP lebih diperjelas lagi coz bahannya banyak sekali. Peranan termodinamika dalam system biologi bagi teknik lingkungan beserta prinsip-prinsip kerjanya.
Tanggapan Saya:
Pembentukan ATP terdiri dari 3 proses yaitu glikolisis, siklus krebs, dan transport elektron. Glikolisis terjadi di sitoplasma dimana memecah glukosa menjadi 2 molekul piruvat, siklus krebs terjadi di mitokhondria yang mendegrdasi piruvat menjadi karbon diokssida.
Salah satu peranannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.
3. Semuanya yang berhubungan dengan teknik lingkungan.
Tanggapan Saya:
Jawaban kurang jelas.


12. Nurin Nisa Farah Diena
1. Dalam sistem biologi terdapat prinsip termodinamika, yaitu pada proses metabolism, seperti entropi, pembentukan dan pelepasan energy, penerapan hukum termodinamika.
Tanggapan Saya:
Memang benar termodinamika dalam sistem biologi meliputi metabolisme, pertukaran energy dan penerapan hokum termodinamika.
2. Penerapan hukum – hukum dan prinsip – prinsip termodinamika dalam sistem biologi, selain pada proses metabolism.
Tanggapan Saya:
Penerapannya selain pada metabolisme yaitu pada respirasi, fotosintesis yang mengubah energy cahaya menjadi reaksi kimia yang menghasilkan energy lain, dll.
3. Aplikasi prinsip – prinsip termodinamika dalam sistem biologi secara lebih rinci.
Tanggapan Saya:
Menurut salah satu referensi yang saya dapatkan disebutkan:
Hukum Termodinamika I ; Total energi suatu sistem termasuk lingkungan nya tetap (konstan). Pada sel reaksi berlangsung dalam ’mild condition’, perlu katalis biologi/enzim. Pada organisme non fotosintesis, energi diperoleh dari bahan makanan, sedangkan organisme dengan fotosintesis energi berasal dari sinar matahari.
Hukum Termodinamika II ; Total entropi suatu sistem akan meningkat apabila proses terjadi secara spontan. Dalam sistem biologi, sangat diperlukan suhu yang konstan. Karena itu perpindahan energi terjadi melalui suatu senyawa-senyawa tertentu yang dapat menangkap energi, yaitu senyawa fosfat.

13. Diah Puspita Sari
1. Tentang proses metabolism dimana di dalam metabolism ini terdapat proses katabolisme dan anabolisme. Proses katabolisme (respirasi) dan anabolisme (fotosintesis). Proses fermenasi pada katabolisme dan lain-lain, kerja enzim factor – factor kerja enzim.
Tanggapan Saya:
Benar termodinamika dalam sistem biologi salah satunya adalah metabolism yang didalamnya terdapat katabolisme dan anabolisme, dimana juga semua proses didlamnya itu berkaitan dengan penggunaan enzim.
2. Aplikasi hukum-hukum termodinamika I,II,dan III dalam sistem biologi itu.
Tanggapan Saya:
Hukum Termodinamika I ; Total energi suatu sistem termasuk lingkungan nya tetap (konstan). Pada sel reaksi berlangsung dalam ’mild condition’, perlu katalis biologi/enzim. Pada organisme non fotosintesis, energi diperoleh dari bahan makanan, sedangkan organisme dengan fotosintesis energi berasal dari sinar matahari.
Hukum Termodinamika II ; Total entropi suatu sistem akan meningkat apabila proses terjadi secara spontan. Dalam sistem biologi, sangat diperlukan suhu yang konstan. Karena itu perpindahan energi terjadi melalui suatu senyawa-senyawa tertentu yang dapat menangkap energi, yaitu senyawa fosfat.
Untuk hukum termodinamika III, saya belum tahu penerapannya dalam sistem biologi.
3. Bagaimana kaitannya termodinamika dalam sistem biologi. Apakah dari segi pembakaran energy atau bagaiman serta proses-proses lainnya yang berkaitan dengan termodinamika dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Didalam system biologi (tubuh kita contohnya), itu terjadi pertukaran energy dan kalor singkatnya adanya proses perubahan energy dari satu bentuk ke bentuk lain yang mana itu pengertiannya sam dengan termodinamika secara umum cuma tempat/medianya saja yang berlainan. Proses lain yang berhubungan dengan termodinamika dalam system biologi yaitu respirasi, fotosintesis, metabolisme, dll.

14. M. Supyannoor
1. Suatu energy yang bersistem biologi atau secara alamiah/ dengan bantuan alam. Juga tentang siklus kreb dan glikolosis.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
Sedangkan untuk siklus kreb dan glikolisis itu merupakan bagian dari metabolism sel yang mana merupakan salah satu dari termodinamika dalam sistem biologi.
2. Cara kerja sistem tersebut.
Tanggapan Saya:
Cara kerjanya yaitu dengan pertukaran energy dimana ada masuknya energy kemudian diproses menghasilkan suatu rangkaian proses kimia dan biologis dalam tubuh, yang kemudian membentuk energy yang lain untuk digunakan untuk aktivitas. Misalnya gerakan tubuh, respirasi, dll.
3. Adakah proses sistem/siklus dalam biologi dan cara peningkatan / mempercepatnya sistem tersebut dan apa saja yang berperan dalam sistem tersebut.
Tanggapan Saya:
Didalam tubuh itu pastinya terdapat suatu sistem atau siklus yang bekerja, apalagi pada termodinamika dalam sistem biologi. Pada saat kita bergerak/beraktivitas itu pastinya memerlukan energi, apalagi kalu aktivitas kita tersebut berat pastinya sistem yang bekerja pada tubuh kita akan meningkat pula dan yang berperan dalam meningkatkan kinerja sistem tersebut adalah enzim, sumber energi (makanan), dll.

15. Desi Damayanti
1. Adanya suatu perubahan energy dalam suatu senyawa dengan melalui beberapa proses. Di dalam termodinamika dalam sistem biologi akan dikenal beberapa proses/siklus yaitu siklus Crab,glikolisis,dll.
Tanggapan Saya:
Memang pada termodinamika dalam sistem biologi ada perubahan energi yang mana tperubahan tersebut melewati beberapa proses/tahapan. Termodinamika dalam sistem biologi salah satunya adalah metabolisme yang didalamnya terdapat proses glikolisis, siklus krebs, dll.
2. Khususnya pada pembahasan tentang termodinamika di dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
3. Semua proses yang penting di dalam termodinamika pada sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Semua proses pada termodinamika dalam sistem biologi itu penting, karena pada setiap proses dari input sampai output itu saling terhubung menjadi satu kesatuan. Seandainya saja ada salah satu yang terganggu maka yang berikutnya juga akan terganggu.

16. Yulya Elma Safitri
1. Energy hasil dari metabolism dan metabolism suatu proses yang ada di dalam tubuh.
Tanggapan Saya:
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Masih banyak yang belum saya mengerti dari termodinamika dalam biologi.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.
3. Semuanya
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik. Lebih banyak dan serius dalam belajar.

17. Befi Rusmina Dewi
1. Proses yang membentuk energy dalam tubuh tetapi tidak banyak yang saya ketahui dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Pada termodinamika dalam sistem biologi itu mempelajari pertukaran energi didalam sistem biologi, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Hukum – hukum dalam termodinamika dan yang lainnya, selain yang saya ketahui. Termodinamika dalam Teknik Lingkungan saja saya belum mengerti.
Tanggapan Saya:
Menurut salah satu referensi;
Hukum Pertama Termodinamika : Hukum ini terkait dengan kekekalan energi. Hukum ini menyatakan perubahan energi dalam dari suatu sistem termodinamika tertutup sama dengan total dari jumlah energi kalor yang disuplai ke dalam sistem dan kerja yang dilakukan terhadap sistem.
Hukum kedua Termodinamika : Hukum kedua termodinamika terkait dengan entropi. Hukum ini menyatakan bahwa total entropi dari suatu sistem termodinamika terisolasi cenderung untuk meningkat seiring dengan meningkatnya waktu, mendekati nilai maksimumnya.
Hukum ketiga Termodinamika : Hukum ketiga termodinamika terkait dengan temperatur nol absolut. Hukum ini menyatakan bahwa pada saat suatu sistem mencapai temperatur nol absolut, semua proses akan berhenti dan entropi sistem akan mendekati nilai minimum. Hukum ini juga menyatakan bahwa entropi benda berstruktur kristal sempurna pada temperatur nol absolut bernilai nol.
Termodinamika dalam teknik lingkungan itu berupa termodinamika teknik dimana itu digunakan untuk pengaplikasiaan pada beberapa mesin.
3. Peranan termodinamika dalam sistem biologi yang diterapkan dalam Teknik Lingkungan.
Tanggapan Saya:
Salah satu peranannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

18. Yen Masyifa
1. Siklus termodinamika yang berada dalam keadaan tertentu. Yang mengalami rangkaian peristiwa keadaan – keadaan yang berbeda, dan akhirnya kemali ke keadaaan semula. Yang dapat melakukan usaha dalam lingkungannya. Dan juga berhubugan dengan energy sederhana. Mengenai katabolisme yang memecah senyawa komplek. Contohnya seperti siklus Krebs, Glikolosis, Elektron Transport Chance. Anabolisme dan Katabolisme.
Tanggapan Saya:
Dalam termodinamika itu merupakan suatu rangkaian yang berurutan dan berulang, begitu juga pada termodinamika dalam sistem biologi. Dimana itu meiliputi penggunaan enzim dan energi, dan didalamnya terdapat proses-proses sperti glikolisis, siklus krebs, anabolisme, katabolisme, dll.
2. Banyak yang belum saya ketahui dan mengerti.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.
3. Termodinamika yang berhubungan langsung dengan lingkungan yang dapat memberi peranan dalam lingkungan.
Tanggapan Saya:
Salah satu peranannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

19. Sari Oktavia S.
1. Sistem termodinamika ketika berada dalam siklus atau sistem biologi mengalami berbagai perubahan keadaan yang berbeda dengan keadaan lingkungannya. Adapun perubahan yang terjadi seperti perbedaan temperature, bagaimana energy dalam penerapan hukum termodinamika dapat membantu proses dalam sistem biologi seperti penyusunan energy (Anabolisme) serta perombakan energy (metabolisme).
Tanggapan Saya:
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme yang didalamnya terdapat anabolisme (penyusunan molekul dari sederhana menjadi kompleks) dan katabolisme (pemecahan molekul kompleks menjadi sederhana), fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Bagaimana hukum – hukum termodinamika dapat diterapkan dalam membantu berlangsung sistem biologi dalam menghasilkan energy seperti dalam proses katabolisme, anabolisme, metabolism, dll.
Tanggapan Saya:
Hukum Termodinamika I ; Total energi suatu sistem termasuk lingkungan nya tetap (konstan). Pada sel reaksi berlangsung dalam ’mild condition’, perlu katalis biologi/enzim. Pada organisme non fotosintesis, energi diperoleh dari bahan makanan, sedangkan organisme dengan fotosintesis energi berasal dari sinar matahari.
Hukum Termodinamika II ; Total entropi suatu sistem akan meningkat apabila proses terjadi secara spontan. Dalam sistem biologi, sangat diperlukan suhu yang konstan. Karena itu perpindahan energi terjadi melalui suatu senyawa-senyawa tertentu yang dapat menangkap energi, yaitu senyawa fosfat.
3. Bagaimana berlangsungnya sistem termodinamika dalam membantu melakukan perubahan sistem biologi dalam menghasilkan energy.
Tanggapan Saya:
Didalam tubuh berlangsunnya suatu sistem itu secara teratur dan berurutan, karena bila terjadi gangguan pada suatu proses itu akan menggangu proses berikutnya. Dalam termodinamika itu terjadinya pertukaran energi dalam urutan proses yang menghasilkan energi baru yang digunakan untuk beraktivitas.

20. Yuli Istiarini
1. Di dalam termodinamika berhubungan dengan energy atau dengan kata lain energy merupakan bagian dari termodinamika. Energi itu sendiri merupakan kapasitas untuk melakukan kerja, bisa berbentuk kinetic ataupun potensial yang kesemuanya dipelajari dalam sistem termodinamika. Energi tadi juga merupakan bagian dari sistem biologi makhluk hidup. Ada yang berupa proses penyusunan energy sederhana-kompleks (anabolisme) ada juga yang merupakan pemecahan energy (katabolisme). Selain itu, termodinamika juga berkaitan dengan suhu, dimana di dalam sistem biologi, keadaan suhu berpengaruh terhadap metabolism tubuh. Contohnya enzim.
Tanggapan Saya:
Benar dalam termodinamika itu berhubungan dengan energi, begitu juga dengan termodinamika dalam sistem biologi.
2. Penerapan lebih lanjut termodinamika dalam sistem biologi, seperti entropi, Hukum – Hukum Termodinamikanya juga.
Tanggapan Saya:
Hukum Termodinamika I ; Total energi suatu sistem termasuk lingkungan nya tetap (konstan). Pada sel reaksi berlangsung dalam ’mild condition’, perlu katalis biologi/enzim. Pada organisme non fotosintesis, energi diperoleh dari bahan makanan, sedangkan organisme dengan fotosintesis energi berasal dari sinar matahari.
Hukum Termodinamika II ; Total entropi suatu sistem akan meningkat apabila proses terjadi secara spontan. Dalam sistem biologi, sangat diperlukan suhu yang konstan. Karena itu perpindahan energi terjadi melalui suatu senyawa-senyawa tertentu yang dapat menangkap energi, yaitu senyawa fosfat.
3. Lebih jauh lagi mengenai prinsip – prinsip dan penerapan termodinamika tadi di dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Sama dengan jawaban pada no 2.

21. M. Firmansyah
1. Belum mengerti.
Tanggapan Saya:
Menurut salah satu referensi yang saya baca, termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Yang pasti tujuan dari termodinamika ini adalah untuk membantu aktivitas makhluk hidup.
2. Termodinamika dalam penerapannya ke biologi lingkungan.
Tanggapan Saya:
Salah satu peranannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.
3. Termodinamika dalam penerapannya ke biologi lingkungan
Tanggapan Saya:
Sama dengan jawaban no.2

22. M. Ma’arij Harfadli
1. Belum ada, kecuai proses fotosintesis dan respirasi, mungkin sedikit tentang kerja enzim.
Tanggapan Saya:
Termodinamika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari salah satunya tentang pertukaran energi dalam bentuk kalor dan energi. Dari pengertian tersebut bisa saya tarik kesimpulan bahwa termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Yang pasti tujuan dari termodinamika ini adalah untuk membantu aktivitas makhluk hidup. Enzim digunakan sebagai katalisator dalam sebuah reaksi yang terjadi pada beberapa proses.
2. Banyak sekali mulai dari pengertian sampai kesimpulan.
Tanggapan Saya:
Sama dengan jawaban pada no. 1
3. Semuanya termasuk aplikasi ke lingkungan.
Tanggapan Saya:
Salah satu peranannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

23. Redha A. Dani
1. Sedikit tentang metabolism dan anabolisme.
Tanggapan Saya:
Menurut saya metabolisme adalah keseluruhan dari proses kimia yang terjadi didalam suatu organisme, sedangkan anabolisme merupakan salah satu dari proses metabolisme yang mana anabolisme ini merupakan pembentukan molekul kompleks dari molekul sederhana.
2. Kayaknya masih banyak, tapi tidak bisa disebutkan soalnya termasuk dalam termodinamika dalam sistem biologi itu masih belum tau apa saja.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.
3. Tentang termodinamika yang mempengaruhi dalam hal persampahan dan sistem pembuangan sampah, termasuk juga termodinamika tentang pencemaran tanah dan air tanah karena lindi kalau ada.
Tanggapan Saya:
Sejauh pengetahuan saya termodinamika tersebut mempelajari tentang pertukaran energi dan kalor, dan penerepannya dalam teknik itu pada beberapa mesin. Tapi kalu dalam hal yang disebutkan diatas mungkin saja ada karena didalnya juga terdapat energi tapi jelasnya saya tidak mengetahui.

24. Ferta Aprilia P.
1. Tentang energy dan enzim, hukum termodinamika, sel dan entropi (tapi belum paham), cara kerja enzim, factor – faktornya.
Tanggapan Saya:
Memang benar termodinamika dalam sistem biologi itu meliputi hal tersebut. Tapi jelasnya termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Yang pasti tujuan dari termodinamika ini adalah untuk membantu aktivitas makhluk hidup. Enzim digunakan sebagai katalisator dalam sebuah reaksi yang terjadi pada beberapa proses.
2. Yang tidak saya sebutkan di atas yang belum saya ketahui.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.
3. Tetang respirasi seluler, ingin tahu lebih banyak lagi. Terus saya juga ingin tahu hal – hal / factor – factor apa saja yang menghambat metabolism/ proses – proses metabolism dalam tubuh.
Tanggapan Saya:
Respirasi selular merupakan suatu proses dimana glukosa direaksikan dengan oksigen yang akan menghasilkan karbon dioksida, uap air dan energi dimana terjadi di mitokondria. Ada 4 tahapan yang terjadi Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif, Siklus Krebs, dan Rantai Transpor Elektron
Faktor yang mempengaruhi metabolisme adalah enzim yang mana harus sesuai dengan keadaan yang optimal bila tidak akan terganggu.

25. M. Syarief Budiman
1. Tentang energy, hukum termodinamika, anabolisme dan katabolisme.
Tanggapan Saya:
Memang pada termodinamika dalam sistem biologi meliputi energi dan terkait dengan hukum termodinamika yang mana didalamnya terdapat proses metabolisme yang bagian prosesnya salah beberapanya adalah anabolisme dan katabolisme.
2. Selain dari yang no.1 saya belum mengerti semuanya.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.
3. Penerapan Termodinamika ke bidang lingkungan, tujuan belajar dari temodinamika dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Menurut Saya salah satu peranannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

26. Yakup Hidayat
1. Penerapan siklus – siklus dalam termodinamika pada sistem biologi dan kaitannya terhadap lingkungan hidup.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Yang pasti tujuan dari termodinamika ini adalah untuk membantu aktivitas makhluk hidup.
2. Anabolisme dan katabolisme, energy, beberapa siklus dalam termodinamika.
Tanggapan Saya:
Anabolisme adalah reaksi kimia yang memerlukan energi untuk membentuk senyawa kompleks dari senyawa sederhana contohnya proses Fotosintesis. Sedangkan Katabolisme adalah reaksi kimia yang menghasilkan energi dengan memecah senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana, contohnya proses Respirasi sel yang meliputi Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif, Siklus Kreb, dan Transfor Elektron.
Energi adalah kapasitas atau kemampuan untuk melakukan kerja.
Dalam termodinamika teknik ada beberapa siklus yaitu Bryton, Siklus Rankine dan Siklus Carnot
3. Peranan Termodinamika dalam sistem biologi yang berkaitan dengan pengelolaan lingkungan hidup.
Tanggapan Saya:
Menurut Saya salah satu peranannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

27. Ferry Riswanda
1. Anabolisme, katabolisme, pengertian energy.
Tanggapan Saya:
Anabolisme adalah reaksi kimia yang memerlukan energi untuk membentuk senyawa kompleks dari senyawa sederhana contohnya proses Fotosintesis. Sedangkan Katabolisme adalah reaksi kimia yang menghasilkan energi dengan memecah senyawa kompleks menjadi senyawa sederhana, contohnya proses Respirasi sel yang meliputi Glikolisis, Dekarboksilasi Oksidatif, Siklus Kreb, dan Transfor Elektron.
Energi adalah kapasitas atau kemampuan untuk melakukan kerja.
2. Banyak yang belum saya ketahui. Contohnya kegunaan termodinamika dalamsistem Biologi terhadap lingkungan dan juga pengembangannya.
Tanggapan Saya:
Menurut Saya salah satu peranannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.
3. Apa kegunaan termodinamika dalam sistem biologi lingkungan.
Tanggapan Saya:
Sama dengan jawaban pada no. 2

28. Adi Rizkian Noor
1. Menurut saya ada hubungannya sedikit dengan sistem kerja dalam tubuh makhluk hidup, terutama pada manusia. Dalam tubu kita juga terjadi sebuah sistem/siklus, namun pastinya berbeda dengan siklus dalam termodinaika secara umum, yang mana dalam sistem/siklusnya ada siklus Carnot. Dalam siklus Carnot termasuk reversible/berbalik seperti semula dan dalam siklus tersebut terjadi reaksi/kerja yang awalnya panas menjadi dingin. Begitu pula pada tubuh manusia. Dalam tubuh kita terjadi semacam siklus/ kejadian seperti terbentuknya enzim dan ATP/energy, entalpi, yang mana dari makanan diubah menjadi energy dan berguna untuk gerak pada manusia.
Tanggapan Saya:
Termodinamika berhubungan dengan sistem biologi karena adanya pertukaran energi di dalam tubuh khusunya manusia, dimana itu terjadi terus menerus. Intinya termodinamika itu adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi dalam hal ini tubuh makhluk hidup, yang tujuan dasarnya adalah untuk membantu aktivitas makhluk hidup itu sendiri.
2. Apakah semua siklus yang biasanya umum dalam termodinamika terjadi juga dalam termodinamika sistem biologi ?
Tanggapan Saya:
Pada intinya termodinamika tersebut merupaka pertukaran energi dam kalor. Hal tersebut juga trejadi pada tubuh makhluk hidup, tapi termodinamika umum yang bisanya lebih ke teknik dan aplikasinya pada mesin itu berbeda dengan termodinamika dalam sistem biologi.
3. Intinya lebih jelas lagi mengenai sistem biologi dalam tubuh manusia, yang lebih jelas berhubungan dengan termodinamika.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Yang pasti tujuan dari termodinamika ini adalah untuk membantu aktivitas makhluk hidup.

29. Mahfuz Idafi
1. Mengenai daur energy dalam makhluk hidup.
Tanggapan Saya:
Makhluk hidup memerlukan energi, tapi energi tersebut tidak bisa didapatkan dalam makhluk hidup tersebut melainkan ada sumber energi lain sebagai bahan makanan untuk menghasilkan energi baru yang lain.
2. Masih banyak tapi tidak tau apa saja.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.
3. Kalau bisa semuanya, tapi secara bertahap agar bisa memahaminya terlebih dahulu.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.

30. Talitha Feby H.S.
1. Sepertinya belum banyak yang saya ketahui.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Yang pasti tujuan dari termodinamika ini adalah untuk membantu aktivitas makhluk hidup.
Banyak dan lebih serius dalam belajar.
2. Banyak sekali yang belum saya ketahui.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik. Banyak dan lebih serius dalam belajar.
3. Yang belum saya ketahui dapat saya ketahui dan dapat dihubungkan dengan teknik lingkungan. Apakah bermanfaat atau tidak. Lebih asik lagi kalo ada prakteknya, jadi lebih nangkap. Kalo belajarnya Cuma ngebayangin yang ada di slide atau persentasi kelompok, menurut saya agak kurang efektif.
Tanggapan Saya:
Menurut Saya salah satunya bila dihubungkan dengan teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.
Kalau dalam belajar niat dan semangat yang didahulukan, masalah ada praktek atau ga itu Cuma pembantu agar kita bisa lebih jelas memahami yang penting secara garis besar kita minimal mengetahuinya.

31. Yunia Hidayanah
1. Hampir tidak ada (sedikit).
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Yang pasti tujuan dari termodinamika ini adalah untuk membantu aktivitas makhluk hidup.
Banyak dan lebih serius dalam belajar.
2. Semuanya dan hubungan mata kuliah termodinamika dengan ilmu lingkungan.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.
3. Semua tentang termodinamika dalam sistem biologi yang berubungan dengan lingkungan.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Peranannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

32. Yuliarini
1. Termodinamika dalam sistem biologi berhubungan dengan energy yang terdapat dalam makhluk hidup yang digunakan untuk melakukankerja. Sejauh ini termodinamika biologi mempelajari mengenai metabolism dalam tubuh makhluk hidup yaitu anabolisme (penyusunan) conhnya fotosintesis dan katabolisme (perombakan) contohnya respirasi dan fermentasi yang di dalamnya mempelajari tahap pembentukan ATP (energy) dan enzim yang berperan.
Tanggapan Saya:
Sudah cukup jelas. Tapi energi bukan berasal dari dalam makhluk hidup melainkan dari sumber lain yang diproses didalam tubuh menjadi energi baru.
2. Hubungan termodinamika dalam sistem biologi dengan termodinamika teknik lingkungan, karena biasanya termodinamika berhubungan dengan fisika, yang memepelajari tentang panas, siklus – siklus yang berhubungan dengan pertukaran panas, eksoterm, endoterm, dan mesin – mesin yang menerapkannya, dan banyak lagi yang belum dikatehui.
Tanggapan Saya:
Hubungannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.
3. Jawaban/penjelasan mengenai apa yang belum saya ketahui.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.

33. Margaretha Limporo
1. Metabolisme dan Anabolisme.
Tanggapan Saya:
metabolisme adalah keseluruhan dari proses kimia yang terjadi didalam suatu organisme. Didalam metabolisme terdapat anabolisme,anabolisme adalah reaksi kimia yang memerlukan energi untuk membentuk senyawa kompleks dari senyawa sederhana contohnya proses Fotosintesis
2. Banyak sekali.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.
3. Yang penting dan belum saya ketahui.
Tanggapan Saya:
Jawaban tidak jelas dan spesifik.

34. Ayu Maulida P.
1. Metabolisme sel – sel yang menghasilkan ATP, fotosintesis.
Tanggapan Saya:
Pada termodinamika dalam sistem biologi terdapat metabolisme yang menghasilkan ATP, salah satunya adalah contoh prosesnya adalah fotosintesis.
2. Belum terlalu paham bagaimana prinsipnya, apa saja termodinamika dalam sistem biologi itu.
Tanggapan Saya:
Prinsipnya adalah adanya pertukaran energi dan kalor didalam tubuh makhluk hidup.
3. Bagaimana proses/maksud adanya termodinamika dalam biologi, kenapa hal itu dikatakan sebagi termodinamika.
Tanggapan Saya:
Didalam tubuh terjadi pertukaran energi yang mana itu berlangsung secara terus menerus, mengubah satu energi menjadi energi lain. Sedangkan termodinamika secara umum adalah ilmu yang mempelajri tentang pertukaran enrgi dan kalor. Oleh karena itulah bisa disebut termodinamika dalam biologi.

35. Putri Rachmaia K.
1. Yang mengahasilkan energi dari sebuah metabolism yang menghasilkan ATP yang juga merupakan energy, demikian juga dengan sistem respirasi sel. Kekekalan energy yang berhubungan dengan metabolism dan respirasi sel.
Tanggapan Saya:
Pada termodinamika dalam sistem biologi itu merupakan pertukaran energi yang mana itu terjadi pada proses respirasi sel salah satunya. Energi itu kekal, dan energi ini memang berhubungan denag metabolisme ataupun respirasi sel.
2. Kegunaan energy dalam biologi untuk diterapkan dalam kehidupan sehari- hari.
Tanggapan Saya:
Energi merupaka salah satu faktor utama dalam termodinamika dan energi ini merupakan kebutuhan makhluk hidup untuk beraktivitas.
3. Bagaiman penerapan energy dalam biologi dalam kegiatan sehari – hari, juga yang berguna untuk ke dapan, khusunya bagi kesehatan.
Tanggapan Saya:
Sama dengan jawaban pada no.2

36. Ratri Tri Hapsari
1. Hubungan kekekalan energy dengan sistem respirai sel dalam pembentukan energy. Artinya energy dalam sel tidak berkurang atau berlebih tetapi dalam suatu sel ada perubahn bentuk energy.
Tanggapan Saya:
Pada Hukum Termodinamika I disebutkan bahwa ”total energi suatu sistem termasuk lingkungan nya tetap (konstan). Pada sel reaksi berlangsung dalam ’mild condition’, perlu katalis biologi/enzim. Pada organisme non fotosintesis, energi diperoleh dari bahan makanan, sedangkan organisme dengan fotosintesis energi berasal dari sinar matahari”. Dalam termodinamika biologi memang terjadi perubahan bentuk energi satu ke bentuk lain.
2. Apakah kegiatan olahraga/aktivitas yang menghasilkan panas tubuh meningkat bisa menjadi salah satu contoh termodinamika dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Aktivitas akan meningkatkan kerja organ tubuh dan membuat suhu dalam tubuh meningkat pula, pertukaran energi yang terjadi juga meningkat. Pertukaran energi dalam tubuh merupakan termodinamika dalam sistem biologi.
3. Penerapan lain termodinaika dalam sistem bioogi secra konkrit dalam kehidupan sehari – hari.
Tanggapan Saya:
Ya penerapannya pada tubuh untuk metabolisme, respirasi, pada tanaman sebagi proses fotosintesis, dll.

37. Siti Rizki Amalia
1. Hukum – hukum termodinamika,energy,hukum kekekalan energy,enzim, menegenai hukum tidak dapat diciptakan dan tidak dapat dimusnahkan.
Tanggapan Saya:
Hal-hal diatas lebih mengacu pada termodinamika umum, tapi pada intinya pada temodinamika dalam sistem biologi itu berhubungan dengan energi dan enzim.
2. Penerapan termodinamika dalam sistem biologi pada lingkungan dan hubungan termodinamika dalam sistem biologi dengan teknik lingkungan.
Tanggapan Saya:
Hubungannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.
3. Penerapan termodiamika dalam sistem biologi pada lingkungan dan hubungannya dengan teknik lingkungan.
Tanggapan Saya:
Hubungan dan penerapannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

38. Eki Sophya Noorhayati
1. Hukum I termodinamika yang menyatakan energi tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan. Bagaimana cara kerja enzim yang berperan dalam siklus metabolic yang dalam pelaksanaannya enzim terdiri dari co-enzim,co-factor.
Tanggapan Saya:
Hukum I termodinamika memang menyatakan tentang kekekalan energi dan pada termodinamika biologi enzim berperan penting didalamnya.
2. Mengenai cells dan entropi. Segala yang berhubungan dengan termodinamika dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Entropi adalah ukuran ketidakteraturan sistem.
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Yang pasti tujuan dari termodinamika ini adalah untuk membantu aktivitas makhluk hidup.
3. Mempelajari apa yang saya belum ketahui.
Tanggapan Saya:
Jawaban kurang jelas dan spesifik.

39. Maria Setianingsih
1. Dalam termodinamika biologi mempelajari tentang enzim yang berperan dalam proses metabolism di dalam tubuh. Dalam termodinamika memepelajari tentang energy dan juga karena energy diperlukan oleh makhluk hidup maka energy tersebut masuk dalam termodinamika biologi yang perlu dipelajari. Jadi, untuk itu dpelajari enzim yang sebagai katalisator dalam mendapatkan energy.
Tanggapan Saya:
Sudah cukup jelas.
2. Yang belum dipelajari bentuk – bentuk energy dalam Termodinamika biologi.
Tanggapan Saya:
Bentuk-bentuk energi dalam termodinamika adalah energi potensial dan ennergi kinetik.
3. Keuntungan memepelajari termodinamika.
Tanggapan Saya:
Keuntungan adalah kita bisa mengetahui bagaimana proses pertukaran energi dan kalor, sehungga kita bisa menerapkannya dalam kehdupan, seperti pada termodinamika teknik yaitu pada mesin carnot, sterling, dll.

40. Dian Nitami
1. Termodinamika dalam sistem biologi mempelajari perubahan – perubahan energy pada kerja enzim yang untuk melakukannya diperlukan kalor dan menghasilkan kalor seperti pada fotosintesis.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi benar mempelajari tentang perubahan/pertukaran energi, yang mana distu melibatkan enzim. Salah satu contohnya adalah pada proses fotosintesis.
2. Pencocokan bentuk enzim.
Tanggapan Saya:
Bentuk enzim pada umumnya sudah sesuai dengan bentuk substratnya.
3. Termodinamika pada makhluk hidup yang berbeda apakah juga berbeda.
Tanggapan Saya:
Pada intinya termodinamika itu sama yaitu tentang pertukaran enrgi dan kalor, yang membedakn Cuma pada tahapan prosesnya saja pada setiap makhluk hidup.

41. Apriliani
1. Makhluk hidup manapun memerlukan energy dalam setiap aktivitasnya. Hal ini karena makhluk hidup makan untuk membentuk energy dan energy tersebut juga termasuk di dalamnya tenaga dan panas. Hal tersebut berlaku pada setiap makhluk hidup, mulai dari yang bertindak sebagi produsen sampai decomposer.
Tanggapan Saya:
Energi meruapakan faktor penting kehidupan. Semua makhluk hidup memerlukan energ. Jadi termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi dan kalor pada tubuh makhluk hidup.
2. Hubungan secara langsung termodinamika dengan biologi secara real.
Tanggapan Saya:
Di dalam tubuh makhluk hidup juga terjadi proses pertukaran/perubahan energi begitu juga kalor. Jadi itu merupakan keterkaitannya.
3. Hal – hal yang berkenaan dengan hubungan bologi dengan termodinamika.
Tanggapan Saya:
Metabolisme, respirasi, fotosintesis, dll itu merupakan hal yang berkenaan dengan termodinamika dalam sistem biologi.

42. Myrta Ferdina
1. Sistem termodinamika berhubungan dengan proses pertukaran energy Karena kita ketahui bahwa seluruh makhluk hidup membutuhkan energy, terutama energy panas untuk bekerja (menghasilkan energy mekanis).
Tanggapan Saya:
Sudah cukup jelas.
2. Bagaimana termodinamika, yaitu suatu sistem yang berkaitan dengan perubahan entalpi dapat mempengaruhi kerja fotosintesis ada suatu tumbuhan.
Tanggapan Saya:
Entalpi sendiri pengertiannya adalah istilah dalam termodinamika yang menyatakan jumlah energi internal dari suatu sistem termodinamika ditambah energi yang digunakan untuk melakukan kerja. Untuk melakukan suatu proses baoik itu fotosintesis itu memerlukan suatu energy, bila energy tersebut kurang maka akan berpengaruh terhadap hasil dari proses tersebut.
3. Mengapa selama ini termodinamika yang berhubungan dengan sistem perbahn energy (kimia) dihubungkan dengan sistem biologi?
Tanggapan Saya:
Didalam tubuh makhluk hidup juga terjadi proses kimia seperti metabolisme, oleh karena itu termodinamika juga berhubungan dengan sistem biologi.

43. Mahfudzoh
1. Hubungan termodinamika dengan proses kerja tentang pertukaran energy.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Cara kerja lebih dalam termodinamika di dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Cara kerjanay itu berurutan dan terus –menerus menjadi satu kesatuan. Bila salah satu proses terganggu maka akan mengganggu proses berikutnya.
3. Hubungan termodinamika dalam sistem biologi ke dalam kerja Teknik Lingkungan.
Tanggapan Saya:
Hubungan dan penerapannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.

44. Fitri Irvianti
1. Pengertian energy baik kinetic ataupun potensial, Hukum – hukum termodinamika yang berkaitan dalam sistem biologi, entropi, katalis, enzim yang lebih efisien dalam sistem biologi tersebut, factor – factor yang mempengaruhi cepatnya reaksi berlangsung, organel – organel yang mengandung klorofil.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan. Disini kerja enzim juga dapat dijelaskan.
2. Salah satunya aplikasinya di bidang lingkungan.
Tanggapan Saya:
Penerapannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif.
3. Semuanya yang berkaitan dengan termodinamika dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Jawaban kurang jelas dan spesifik.

45. Erika Agustini
1. Termodinamika kaitannya dengan suhu. Berpengaruh terhadap suatu sistem/proses biologi misalnya kerja enzim pada manusia, fotosintesis atau sistem metabolism makhluk hidup. Sedikit mengenai aplikasi hukum termodinamika dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Termodinamika berkaitan dengan energi dan kalor. Termodinamika juga berhubungan dengan sistem biologi dimana didalamnya peran enzim meruapakan hal yang penting seperti pada proses metabolisme.
2. Pengaruh suhu terhadap suatu pertumbuhan dan kaitannya dengan factor fisik, kimia atau biologi lainnya. Aplikasi/peranan termodinamika dalam suatu sistem biologi dalam Teknik Lingkungan. Misalnya suatu pengolahan air dengan factor/sistem biologi dan kaitannya dengan penerapan ilmu termodinamika.
Tanggapan Saya:
Suhu berpengaruh dalam aktivitas apalagi pertumbuhan, dimana suhu yang optimum merupakan yang terbaik untuk pertumbuhan.
Penerapannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif. Bisa saja mikroorganisme tersebut berguna untuk pengolahan air.
3. Sama dengan no.2 dan memeperdalam dari apa yang sudah dijelaskan.
Tanggapan Saya:
Sama dengan jawaban pada no. 2

46. Muna Noor Alia
1. Termodinamika merupakan suatu energy yang tidak dapat diciptakan. Energi tersebut tidak dapat diciptakan manusia. Energi tersebut dapat diperoleh dari asupan makanan yang kita maka, dalam proses kimia dalam tubuh maka energy tersebut terbentuk.
Tanggapan Saya:
Pada hukum termodinamika I itu menjelaskan bahwa energi bersifat kekal. Tapi termodinamika pada sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi.
2. Proses kimia terbentuknya energy dalam tubuh, bentuk energy, kaitan termodinamika dalam Teknik Lingkungan, serta penerapannya.
Tanggapan Saya:
Penerapannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif. Bisa saja mikroorganisme tersebut berguna untuk pengolahan air.
3. Hukum termodinamika dalam biologi, enzim apa saja yang mempercepat reaksi kimia.
Tanggapan Saya:


47. Noor Alfisyah
1. Penerapan beberapa hukum termodinamika dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Masih banyak yang belum diketahui.
Tanggapan Saya:
Jawaban kurang spesifik dan jelas.
3. Semua yang belum saya ketahui mengenai termodinamika dalam sistem biologi.
Tanggapan Saya:
Jawaban kurang spesifik dan jelas.

48. Maulida Sari
1. Dalam termodinamika terdapat beberapa hukum termodinamika. Ada hukum termodinamika ke-0,I,II,III. Termodinamika dalam sistem biologi menyangkut proses katabolisme dan anabolisme dalam tubuh manusia, juga terdapat pada proses respirasi dan fotosintesis.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme dimana didalamnya terdapat proses anabolisme dan katabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Saya tidak tahu apa saja yang belum saya ketahu tentang termodinamika dalam sistem biologi karena saya tidak mengetahui secara pasti apa saja sistem biologi yang behubungan dengan termodinamika.
Tanggapan Saya:
Metabolisem, respirasi, fotosintesis merupakan sesuatu yang berhubungan dengan termodinamika.
3. Segala sesuatu yang menyangkut tentang termodinamika dalam sistem biologi, di mana saya tidak bisa menyebutkan secara rinci karena saya tidak mengetahui.
Tanggapan Saya:
Jawaban kurang jelas dan spesifik.

49. Hidayatul H. Amelia
1. Bahwa seluruh benda yang ada di dunia ini harus ada dalam ketidakseimbangan karena jika telah dalam keadaan keseimbangan maka benda tersebut akan hancur termasuk di dalam tubuh kita, yang di antaranya termodinamika tersebut berperan dalam proses metabolism, anabolisme, dan katabolisme energy di dalam sel, tubuh, dan manusia, dan makhluk hidup lainnya serta proses fotosintesis dan respirasi yang berhubungan dengan energi.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme dimana didalamnya terdapat proses anabolisme dan katabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Sistem hukum termodinamika di dalam proses biologi sel di antara respirasi dan fotosintesis, serta aplikasi di teknik Lingkungan.
Tanggapan Saya:
Penerapannya untuk teknik lingkungan misal kita bisa mengetahui metabolisme suatu mikroorganisme, sehingga kita juga bisa mengetahui perkembangan dan sumber energinya (makanan), dari situ bila mikroorganisme tersebut mikroorganisme yang merugikan kita dapat menghentikan daur kehidupannya dengan memutus sumber energinya, tapi bila itu mikroorganisme yang menguntungkan, kita bisa mudah mengembangbiakannya untuk keperluan yang positif. Bisa saja mikroorganisme tersebut berguna untuk pengolahan air
3. Ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang proses termodinaimka sel terhadap respirasi dan fotosintesis dan aplikasi di Teknik Lingkungan.
Tanggapan Saya:
Sama dengan jawaban pada no 3.

50. Rinanti Prita Belinda.
1. Benda yang ada di bumi hrus dalam kesetimbangan, peranan termodinamika dalam makhluk hidup yang berperan dalam metabolism, anabolisme, dan katabolisme, sebagai energy di dalam sel tubuh dan mengenai respirasi dan fotosntesis dan proses transfer pada ATP.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi adalah ilmu yang mempelajari tentang pertukaran energi didalam sistem biologi, dalam hal ini adalah tubuh makhluk hidup seperti respirasi, metabolisme dimana didalamnya terdapat proses anabolisme dan katabolisme, fotosintesis, dll, sehingga proses pertukaran energi didalam tubuh bisa dijelaskan.
2. Banyak.
Tanggapan Saya:
Jawaban kurang jelas dan spesifik.
3. Segala yang berhubungan dengan termodinamika dalam mikrobiologi karena saya agak kurang mengerti.
Tanggapan Saya:
Jawaban kurang jelas dan spesifik. Banyak dan lebih serius dalam belajar.

51. Irma Dinahkandy
1. Secara umum termodinamika dalam sistem biologi yang telah saya ketahui diantaranya meliput kerja enzim, fotosintesis, energy dan makanan, co-enzm, co-factor, proses transfer energy di dalam makhlu hidup, khususnya tentang ATP, entalpi, metabolism dan katabolisme pada makhluk hidup, proses ransfer ATP, sistem energy pada sel. Termodinamika sendiri adalah ilmu yang mempelajari pergerakan panas atau thermo, sehingga kalau secara biologi berarti perpindahan energy panas secra biologi.
Tanggapan Saya:
Termodinamika dalam sistem biologi memang berkaitan dengan kerja enzim, energi, atp, dimana proses dalam termodinamikanya ada pada metabolisme, respirasi, dll.
2. Saya belum terlalu mengerti mengenai entalpi, kemudian yang belum saya ketahui adalah yang belum dipelajari selain no.1 di atas.
Tanggapan Saya:
Entalpi adalah istilah dalam termodinamika yang menyatakan jumlah energi internal dari suatu sistem termodinamika ditambah energi yang digunakan untuk melakukan kerja. Secara matematis, entalpi dapat dirumuskan sebagai berikut:

di mana:
• H = entalpi sistem (joule)
• U = energi internal (joule)
• P = tekanan dari sistem (Pa)
• V = volume sistem (m2)
3. Apa sebenarnya pengertian entalpi secara simple dan sederhana, dan mengenai di dalam termoinamika ada sistem biologi, karena saya masih kurang mengetahuinya.
Tanggapan Saya:
Entalpi adalah istilah dalam termodinamika yang menyatakan jumlah energi internal dari suatu sistem termodinamika ditambah energi yang digunakan untuk melakukan kerja.

1 komentar:

  1. Casinos in Malta - Filmfile Europe
    Find the หาเงินออนไลน์ best Casinos in Malta including bonuses, games, games and the history of games. We apr casino cover novcasino all the filmfileeurope.com main reasons to visit 1xbet app Casinos in

    BalasHapus